Berbagai Tipe dan Jenis Jerawat Berbahaya Berdasarkan Letaknya

Masalah kulit pada wajah yang sering kali mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa percaya diri adalah hal yang sangatlah menganggu bagi anda. Apalagi ketika ada banyak jerawat kecil yang tiba-tiba muncul di sekitar area wajah. Selain pastinya mengganggu penampilan, masalah jerawat juga merdampak buruk bagi kesehatan. Adapun ada beberapa jenis gangguan jerawat yang masuk kedalam kategori jerawat yang berbahaya. Yang pertama ialah jenis jerawat nodul. Gangguan Jerawat yang satu ini bisa dikenali dengan beberapa tanda dan ciri yakni memiliki warna merah, berwujud berupa sebuah benjolan yang muncul di wajah, keras dan kalau tersentuh tangan akan terasa sakit.

berbagai jenis jenis jerawat berbahaya dan cara mengatasinya

Di dalamnya kebanyakan mengandung nanah. Apalagi jika sering dipencet dengan memakai jari tangan nantinya akan meninggalkan bekas noda hitam di wajah.

Jerawat batu juga termasuk salah satu tipe jerawat berbahaya karena memiliki beberapa ciri dan juga tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Jerawat umumnya berukuran lebih besar daripada yang lainnya.
  2. Di dalamnya terkandung banyak cairan berupa nanah yang umumnya berwarna kuning putih.
  3. Jerawat batu juga kadang menimbulkan sakit jika dipencet jari atau tersentuh oleh tangan.
  4. Usahakanlah jangan memencetnya karena nantinya akan timbul bekas luka hitam yang sulit untuk menghilangkannya.

Yang ketiga yakni jerawat pastule. Beberapa tanda-tanda untuk mengenalinya adalahh benjolan yang muncul perih meradang, ukurannya relatif kecil, warnanya sedikit kemerahan seperti layaknya jerawat pada umumnya.

Jerawat pastul juga bisa mengandung cairan nanah di bagian tengahnya. Jerawat yang haruslah diwaspadai selanjutnya ialah jenis jerawat rosacea. Mungkin terdengar masih asing ditelinga sebagian besar orang dikarenan mempunyai bentuk yang agak berbeda dengan jenis yang lainnya.

Jerawat rosacea umumnya berbentuk seperti ruam warnanya agak merah pada muka, bintik-bintik jerawat biasanya akan bermunculan di sekitar area dahi, hidung, dagu serta pipi.

Yang terakhir adalah jerawat papula. Jenis yang satu ini sangatlah menggangu karena sangat cepat menyebar. Untuk mengenalinya ada beberapa tanda serta ciri yang dapat dilihat dan juga dirasakan yaitu:

  • Termasuk jenis jerawat dengan ukuran yang relatif kecil.
  • Umumnya berwarna merah.
  • Tidaklah terkandung cairan seperti berupa nanah di dalamnya.
  • Biasanya timbul dan juga meneyebar dibagian dahi ataupun pipi.