Cara Membuat Masker Rambut Kering dan Mengembang

Cara membuat masker rambut kering banyak dicari orang untuk mendapatkan jenis rambut yang diinginkan. Selain menggunakan shampoo yang tepat, masker rambut juga merupakan cara terbaik untuk perawatan rambut. Bagi wanita, rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang membutuhkan perawatan khusus. Mereka berpendapat bahwa penampilan seseorang akan terpengaruhi oleh keindahan rambut. Untuk itu, menjaga serta merawat rambut merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Permasalahan rambut sebenarnya dapat dialami oleh siapa saja, baik usia remaja hingga orang dewasa. Hal ini yang membuat banyak wanita melakukan segala cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya adalah dengan melakukan perawatan di salon. Meski mampu mengatasi rambut kering dan mengembang dengan cepat, namun produk yang digunakan biasaya mengandung bahan kimia. Jika digunakan secara terus menerus, bahan kimia yang digunakan akan berdampak buruk pada kesehatan rambut. Selain itu, melakukan perawatan di salon juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, Anda lebih baik melakukan perawatan sendiri di rumah menggunakan masker rambut alami. Cara membuat masker rambut kering juga cukup mudah karena bahan yang digunakan banyak tersebar di sekitar kita. Bahan alami juga lebih baik dibandingkan penggunaan bahan kimia. Selain tidak menimbulkan efek samping, bahan alami juga cukup terjangkau.

Cara Membuat Masker Rambut Kering Secara Alami

cara membuat masker rambut kering

Sebenarnya saat ini sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan alami, namun agar lebih efektif Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa bahan alami yang Anda gunakan untuk membuat masker rambut kering.

Susu

Bahan alami pertama yang dapat Anda pilih adalah susu. Susu cair selain merupakan nitrisi yang penting untuk tubuh juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan, seperti mengatasi rambut kering dan mengembang. Susu berkhasiat untuk melembutkan, melembabkan, serta menjadikan rambu menjadi lebih berkilau.

Cara menggunakannya adalah dengan mencuci rambut terlebih dahulu hingga bersih, kemudian gunakan susu murni sebagai kondisioner. Oleskan susu mulai dari pangkal hingga ujung rambut hingga rambut basah keseluruhan. Kemudian diamkan hingga 1 jam dan bilas menggunakan air bersih.

Santan Kelapa

Cara membuat masker rambut kering selanjutnya adalah dengan menggunakan santan kelapa. Untuk itu, santan kelapa juga mampu mengatasi rambut mengembang secara alami. Caranya cukup mudah, langkah pertama adalah siapkan santan kelapa dan perasan jeruk nipis. Setalah itu, campurkan kedua bahan alami tersebut dan aduk hingga merata. Anda dapat menggunakan campuran tersebut sebagai masker rambut. Oleskan masker ke seluruh bagian rambut kemudian Anda bungkus rambut menggunakan shower cap. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas menggunakan air dan shampoo hingga bersih.

Alpukat dan Telur

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin E, mineral, protein, dan asam lemak esensial. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengatasi serta mengembalikan kilau rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk halus alpukat yang sudah matang kemudian tambahkan 1 butir putih telur. Sebelum menggunakannya Anda bilas rambut hingga bersih lalu gunakan masker di atas secara merata di seluruh bagian rambut. Lakukan pijitan secara perlahan agar kandungan bahan tersebut dapat meresap dengan baik. Setelah itu diamkan sekitar 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini 1 minggu sekali.

Madu

Madu adalah bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering dan berkembang. Madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti kesehatan kulit. Penggunaan madu sebagai masker rambut sangat efektif melembutkan rambut dan memberikan kelembaban secara alami. Dengan begitu maka rambut akan terlihat lebih berkilau dan lebat.

Cara membuat masker rambut kering cukup mudah, oleskan madu secara langsung setelah keramas sambil pijit perlahan selama 10 menit. Setelah itu Anda bungkus rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih. Cara ini dapat Anda lakukan 2 kali dalam seminggu. Untuk Anda yang ingin lebih praktis, Anda dapur mencampurkan madu dengan kondisioner yang biasa Anda pakai sebelum keramas.

Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini sudah diragukan lagi untuk perawatan rambut. Selain dapat mengatasi rambut rontok, lidah buaya ternyata ampuh mengatasi rambut kering dan mengembang serta berbagai kerusakan rambut lainnya. Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, serta kombinasi asam amino yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut.

Cara menggunakannya adalah dengan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian kemudian tambahkan 3 sendok makan madu serta 1 sendok makan bunga sepatu yang sudah dihaluskan. Oleskan ke seluruh bagian rambut secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu Anda bilas menggunakan air hangat. Anda dapat melakukan cara ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

baca juga : cara melebatkan rambut dengan cepat

Itulah beberapa cara membuat masker rambut kering menggunakan bahan alami yang perlu Anda ketahui.