Ciri-Ciri, Gejala & Cara Pencegahan Penyakit Hipertensi

Ciri-Ciri, Gejala & Cara Pencegahan Penyakit Hipertensi – Penyakit hipertensi atau yang biasa dikenal dengan nama penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Penyakit tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong berbahaya di karenakan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya, karena menjadi penyebab penyakit serius lain seperti stroke, gagal ginjal sampai serangan jantung. Untuk itu sangat penting kiranya untuk mengenal Gejala dan cara pencegahan hipertensi ini, sebaiknya simak ulasan singkat berikut.

Gejala dan cara pencegahan hipertensi

Akibat yang sangat fatal dari penyakit tekanan darah tinggi ini justru sering tak dihiraukan oleh sebagian orang, mereka malah menganggap penyakit hipertensi ini merupakan penyakit yang sepele dan tak perlu diperhatikan. Akibatnya, tak sedikit orang yang akhirnya merasakan dampak buruk dari penyakit tekanan darah tinggi yang tadinya disepelekan dan akhirnya berakibat fatal. Untuk itulah ada baiknya bagi anda untuk mengetahui apa saja Gejala dan cara pencegahan hipertensi ini agar anda bisa melakukan beberapa langkah antisipatif maupun pencegahan agar tak berurusan dengan penyakit yang cukup berbahaya bernama hipertensi ini.

 

Gejala dan cara pencegahan hipertensi, beberapa gejala penyakit tekanan darah tinggi diantaranya adalah rasa sakit pada kepala. Salah satu gejala hipertensi adalah kepala yang terasa sakit yang terus menerus serta dengan tempo yang sering. Bagi anda yang memiliki tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg maka kemungkinan besar anda akan merasakan rasa sakit pada bagian kepala, sebagai suatu tanda bahwa anda sedang mengalami tekanan darah tinggi. Gejala lain yang juga bisa menjadi pertanda adanya tekanan darah tinggi adalah rasa mual serta muntah.

Meskipun rasa mual serta muntah ini juga bisa dikatakan sebagai gejala umum yang biasa terjadi pada beberapa penyakit lain selain hipertensi, namun mual serta muntah pada orang yang tengah mengalami tekanan darah tinggi sangat spesifik, yaitu dengan disertai pandangan mata yang kabur serta disertai dengan nafas bertempo pendek. Gejala lain dari hipertensi adalah munculnya vertigo. Masih ada beberapa gejala lain yang bisa menjadi indikasi seseorang terkena hipertensi. Untuk itu tentu dipandang sangat penting untuk mengetahui Gejala dan cara pencegahan hipertensi ini.

Untuk pencegahan hipertensi ini sendiri dapat dilakukan dengan beragam cara, misalnya saja dengan cara rajin mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi seperti sayur serta buah. Selain itu bisa juga dengan mengurangi konsumsi alkohol, garam serta beragam makanan dengan lemak tinggi. Salah satu langkah pencegahan hipertensi juga bisa dilakukan dengan olahraga yang cukup serta istirahat yang cukup. Demikian sedikit informasi mengenai Gejala dan cara pencegahan hipertensi, semoga bermanfaat.