Ciri-ciri Gejala Darah Tinggi & Cara Pencegahanya

Ciri-ciri Gejala Darah Tinggi & Cara Pencegahanya – Darah tinggi atau yang juga sering disebut sebagai penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa. Penyakit yang satu ini terjadi akibat kuatnya cairan darah yang menekan bagian dinding arteri. Penyakit yang termasuk ke dalam silent killer ini ternyata disebabkan oleh beberapa kebasaan yang mungkin tidak disadari mampu menimbulkan penyakit hipertensi. Anda yang mempunyai kebiasaan merokok sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari penyakit mematikan ini. Selain itu pengaturan pola makan yang tidak sehat membuat asupan gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi, hal ini akan berimbas pada timbulnya beberapa penyakit salah satunya hipertensi ini. Anda yang sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein juga sangat beresiko mengalami penyakit darah tinggi. Setelah mengetahui berbagai gejala darah tinggi, alangkah baiknya anda juga paham akan gejala darah tinggi yang muncul pada penderitanya. Untuk itu simak pembahasan kali ini.

Ciri-ciri & Cara Pencegahan gejala darah tinggi

Gejala umum penyakit darah tinggi (hipertensi)

Penyakit darah tinggi ini akan tampak dengan gejala yang mencolok. Salah satunya adalah sering melakukan buang air kecil. Tanda ini hampir sama dengan penderita diabetes, namun ternyata ditemukan pada penderita darah tinggi juga. Selain itu penderita darah tinggi akan sering merasakan sakit kepala berlebihan. Tiba-tiba anda akan merasakan sakit kepala tanpa ada penyebab apapun. Tanda gejala darah tinggi yang lain adalah sering merasakan mual bahkan muntah. Anda juga akan merasakan mata anda sedikit bermasalah. Pandangan mata akan kabur sehingga fungsi penglihatan akan berkurang. Darah tinggi juga ditandai dengan gejala yang timbul pada pernapasan. Sistem pernapasan akan terganggu. Penderita hipertensi juga akan merasakan sakit pada bagian jantungnya akibat tekanan aliran darah yang sangat kuat.

Masih banyak tanda darah tinggi yang diderita oleh seseorang, misalnya saja susahnya dalam berkonsentrasi pada suatu hal. Penderita cenderung akan merasakan kelelahan yang tidak disebabkan oleh kegiatan apapun. Selain itu pendarahan pada hidung juga akan sering dialami oleh para penderita hipertensi. Tanda yang juga mencolok adalah ketidakstabilan emosi penderita. Orang yang terserang penyakit ini juga akan menunjukkan gejala darah tinggi berupa lebih sensitive dan mudah sekali tersinggung yang nantinya membuat si penderita mudah marah.

Pencegahan terhadap timbulnya gejala darah tinggi

Jika anda sudah terdeteksi terkena penyakit darah tinggi, ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan untuk menghindari gejala darah tinggi yang muncul. Misalnya saja dengan mengurangi konsumsi garam, menghindari kebiasaan merokok, dan usahakan untuk meminum air putih yang cukup. Anda juga perlu menghindari hal-hal yang cenderung membuat anda stress dibuatnya. Alangkah baiknya jika anda juga memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang sangat menyehatkan.

Itu tadi gejala darah tinggi dan cara pencegahan hipertensi yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat :)