Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut

Khasiat minyak zaitun untuk rambut memang cukup ampuh dan sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Permasalahan seperti rambut rontok, beruban, bercabang, dan rambut kering dapat diatasi dengan minyak zaitun. Minyak yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun dan sering digunakan sebagai campuran bahan masakan. Namun selain untuk memasak, minyak zaitun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah perawatan rambut.

Semua orang tentu setuju jika rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dijaga dengan baik. Ini karena rambut yang bagus akan mempengaruhi penampilan Anda, terutama bagi para wanita. Memiliki rambut sehat adalah impian bagai semua wanita. Namun pada kenyataannya tidak semua wanita memiliki rambut yang diimpikan. Tidak sedikit wanita yang memiliki rambut kering rontok, dan bercabang.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat mereka biasanya menggunakan bahan alami untuk perawatan, salah satunya adalah menggunakan minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk rambut memang tidak perlu diragulkan lagi. Banyak permasalahan rambut yang sering dialami oleh wanita dapat diatasi dengan menggunakan minyak zaitun.

manfaat minyak zaitun

Untuk mengetahui khasiat dari minyak zaitun, berikut kandungan yang ada pada minyak zaitun yang perlu Anda ketahui.

• Minyak zaitun merupakan antibakteri dan antijamur sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan rambut, terutama rambut rontok akibat bahan kimia.
• Minyak zaitun dapat mencegah hormon dihidrotesteron untuk pembentukan batang rambut, sehingga dapat mencegah kerontokan yang disebabkan karena hormon yang menimbulkan efek negatif pada kulit kepala.
• Minyak zaitun mengandung nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin D, vitamin E, biotin dan niacin. Kandungan tersebut dapat mengurangi kerontokan pada rabut.

Inilah Khasiat minyak zaitun untuk rambut

Minyak zaitun lebih dipilih untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut karena terbuat dari bahan alami dan cukup efektif untuk mengembalian rambut kembali normal dan sehat. Berikut beberapa permasalahan rambut yang bisa di atasi menggunakan minyak zaitun.

Mengatasi Rambut Rontok

Permasalahan pertama yang dapat di atasi menggunakan minyak zaitun adalah masalah rambut rontok. Cara menggunakannya adalah dengan menyediakan minyak zaitun dan satu sendok minyak kelapa. Campurkan dua sendok minyak zaitun dengan satu sendok minyak kelapa hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Anda dapat memijatnya selama 15 menit kemudian bungkus menggunakan handuk basah dan diamkan semalaman. Pagi harinya Anda dapat membilasanya menggunakan shampo dan air bersih.

baca juga : manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok dan kecantikan rambut

Mengatasi Rambut Beruban

Khasiat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut beruban. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Hampir sama dengan mengatasi rambut rontok, yakni dengan mengoleskan minyak zaitun hingga rata lalu bungkus menggunakan handuk. Diamkan semalaman dan di pagi hari bilas menggunakan air dan shampo.

Menumbuhkan Rambut Bayi

Khasiat selanjutnya dari minyak zaitun adalah dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan bayi. Bagi bayi atau balita yang belum ditumbuhi rambut maka dapat menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala bayi dan pijat dengan lembut dan perlahan. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan shampo khusus bayi.

Mengatasi Rambut Bercabang

Selain untuk rambut rontok, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut bercabang. Caranya juga hampir sama seperti mengatasi rambut rontok. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada rambut secara merata kemudian diamkan beberapa menit. Setelah itu Anda bilas menggunakan shampo yang memiliki formula ringan.

Mengatasi Rambut KeringMenumbuhkan Rambut Bayi

Khasiat minyak zaitun untuk rambut kering memang sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Minyak zaitun mengandung vitamin serta protein yang tinggi yang dapat melembabkan rambut secara alami dan sehat. Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut kering dan kusam adalah dengan mengoleskan minyak zaitun secara rata pada rambut dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Setelah itu tutup rambut menggunakan handuk sekitar 20 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

Menghilangkan Kutu Rambut

Bagi yang memiliki permasalahan kutu rambut maka Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya adalah oleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala dan diamkan beberapa saat. Ini bertujuan agar telur-telur kutu juga ikut hilang. Setelah didiamkan Anda dapat menyisirnya menggunakan sisir khusus kutu. Cara ini dapat Anda lakukan setiap malam selama satu minggu.

baca juga : cara membasmi kutu rambut paling praktis

Meluruskan Rambut

Khasiat lainnya dari minyak zaitun adalah dapat meluruskan rambut secara alami. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan minyak zaitun dan 2 butir telut. Setelah itu campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama 2 jam kemudian bilas menggunakan air bersih dan shampo.

Itulah beberapa khasiat minyak zaitun untuk rambut yang perlu Anda ketahui.