Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering

Masker rambut alami untuk rambut kering banyak dicari untuk perawatan rambut agar terlihat lebih menarik. Memiliki rambut kering dan mengembang tentu membutuhkan perawatan khusus. Hal ini karena rambut merupakan bagian dari tubuh yang sangat mempengaruhi penampilan. Seseorang yang memiliki rambut kering dan mengembang tentu akan membuat orang tersebut kurang percaya diri, terlebih lagi jika ia sering melakukan banyak aktivitas di depan umum.

Penyebab rambut kering dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor genetis, kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat, proses styling seperti blow-dryer, catok, curly, dan faktor pewarnaan serta pelurusan rambut menggunakan bahan kimia. Banyak wanita yang melakukan segala cara untuk memiliki rambut yang sehat dan terawat. Bahkan mereka rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk merawat rambut. Padahal untuk merawat rambut tersebut dapat menggunakan masker rambut alami untuk rambut kering.

Masker rambut alami tentu lebih terjangkau dan cukup aman digunakan untuk segala jenis rambut. Selain lebih terjangkau, bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Masker rambut yang terbuat dari alami selain dapat mengatasi rambut kering dan mengembang juga dapat membuat rambut lebih lembut, berkilau, dan sehat sepanjang hari. Namun agar hasilnya lebih maksimal Anda juga harus banyak mengonsumsi air putih dan menjaga pola makan sehat.

Inilah Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering

cara membuat masker alpukat

Masker dengan bahan alami tentu lebih baik untuk perawatan rambut karena tidak menimbulkan efek samping. Ada banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Alpukat

Masker rambut alami yang pertama dapat Anda buat menggunakan buah alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk kulit kering ataupun rambut kering. Menurut Stephen Sanna, ahli pewarnaan rambut dari New York menyarankan agar menggunakan masker alpukat paling tidak satu minggu sekali. Masket alpukat tersebut dapat Anda buat sendiri di rumah.

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan satu buah alpukat yang sudah matang dan sebutir telur. Setalah dikupas, hancurkan alpukat dan campurkan dengan telur. Anda dapat mengaplikasikan masker alami ini setelah keramas lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan konditioner. Buah alpukat mengandung vitamin, asam lemak ensensial, dan mineral yang baik untuk mengembalikan kilau rambut.

Apple Cider Vinegar

Masker rambut alami untuk rambut kering selanjutnya adalah dengan menggunakan apple cider cineger atau disingkat sebagai ACV. Ini merupakan bahan dapur yang memiliki khasiat super, yakni dapat melembabkan rambut serta membuat rambut menjadi lebih berkilau. Cara menggunakannya juga sederhana. Anda cukup menyiapkan 2 sendok ACV, 2 sendok olive oil, dan 3 butir putih telur. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu oleskan ke seluruh bagian rambut.. Anda juga dapat memijitnya beberapa saat. Setelah itu bungkus rambut Anda menggunakan shower cup selama 30 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan shampoo dan air dingin.

Telur dan Yogurt

Telur dan yogurt mengandung protein yang dapat membantu memperkuat akar rambut serta membuat rambut menjadi lebih berkilau tanpa mengurangi kelembabannya. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat masker telur dan yogurt adalah 2 butir telur dan 2 sendok makan yogurt. Langkah pertama campurkan kedua bahan tersebut kedalam mangkuk hingga berbentuk pasta. Setelah itu Anda oleskan ke seluruh bagian rambut secara merawat lalu diamkan sekitar 20 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan shampoo dan air dingin.

Hot Oil Treatment

Hot oil treatment merupakan perawatan yang terbukti ampuh mengatasi rambut kering. Selain itu, perawatan ini juga baik untuk memperbaiki rambut rapuh. Hol oil treatment merupakan perawatan rambut yang menggunakan campuran beberapa jenis minyak. Minyak yang dapat Anda pilih adalah almond, minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan jojoba oil.

Ambil sebanyak dua sendok dari masing-masing minyak tersebut dan masukkan ke dalam cangkir. Rendam cangkir di dalam air panas agar minyak dalam cangkir menjadi hangat. Usapkan secara merata campuran minyak tersebut sambil memijatnya perlahan. Setelah itu bungkus rambut Anda menggunakan shower cup atau handuk selama 30 menit. Langkah terakhir adalah bilas rambut menggunakan air hingga bersih. Masker rambut alami untuk rambut kering ini dapat Anda lakukan secara rutin 2 hari sekali untuk menjadikan rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah pada rambut. Bahan alami ini juga sering digunakan dalam produk kecantikan wanita. Lidah buaya dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan sehat sepanang hari. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cukup menyiapkan 3 sendok teh yogurt, 4 sendok teh lidah biaya, serta 1 sendok teh minyak rambut. Campurkan semua bahan tersebut kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama 20 menit.

baca juga : cara menghaluskan rambut yang kasar kering dan kusam

Itulah beberapa masker rambut alami untuk rambut kering yang perlu Anda ketahui.