Obat Mata Bengkak Secara Alami dan Mudah

Obat mata bengkak memang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebenarnya bengkak yang terjadi bukan matanya melainkan kantung mata. Biasanya seseorang orang ayang mengalami sakit mata bengkak akan membuat mata merah dan gatal. Pembengkakan pada kantung mata tersebut terjadi karena pembengkakan pada jaringan di sekitar mata. Ini karena kulit di sekitar mata memang sangat sensitif dan tipis. Sehingga meski terjadi pembengkakan yang kecil pasti akan tetap terlihat.

Dalam beberapa kasus, bengkak yang terjadi di kantung mata akan hilang dengan sendirinya atau dengan istirahat yang cukup. Namun jika bengkak yang dialami disertai dengan demam, nyeri, gatal, dan iritasi maka hal tersebut menjadi tanda terjadinya masalah lain dibagian mata. Sebelum membahas obat mata bengkak, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab mata bengkak.

Sakit mata bengkak terkadang disebabkan karena polusi udara atau cuaca, selain itu ada beberapa penyebab lain yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut.

• Terjadi perubahan hormon di dalam tubuh selama kehamilan dan pertambahan usia.
• Alergi terhadap obat tertentu.
• Kurang tidur atau terlalu banyak tidur.
• Kelebihan mengonsumsi alkohol.
• Diet makanan.
• Menangis dalam waktu yang lama.
• Infeksi kulit di daerah mata.
• Gigitan serangga.
• Kandungan garam pada air mata.
• Cedera di bagian sekitar mata.

Obat Mata Bengkak Secara Alami

obat mata bengkak alami

Menyembuhkan mata bengkang menggunakan bahan-bahan alami memang lebih banyak dipilih karena terbukti cukup efektif dan aman. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan mata yang bengkak.

Putih Telur

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan putih telur. Cara menggunakannya adalah dengan memisahkan dua butir telur dari kuningnya. Langkah selanjutnya, kocok hingga adonan sedikit kaku lalu tambahkan witch hazel. Setelah tercampur rata usapkan pada bagian kelopak mata yang bengkak menggunakan kuas. Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukannya secara teratur dan kulit Anda akan menjadi lebih kencang.

Kantung Teh Bekas

Ini merupakan cara yang paling sering digunakan banyak orang. Obat mata bengkak dengan menggunakan kantung teh bekas cukup mudah dan hasilnya cepat terlihat. Caranya adalah celupkan teh ke dalam air panas, Anda biarkan beberapa saat dan angkat. Diamkan kantung teh tersebut agar tidak panas. Setelah hangat , tempelkan pada bagian mata yang bengkak sambil berbaring. Diamkan selama 10 menit kemudian angkat dan bilas menggunakan air bersih. Cara ini cukup efektif jika Anda lakukan secara teratur.

Mentimun

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan mentimun yang dingin. Mentimun mengandung banyak enzim yang baik untuk mengurangi pembengkakan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memotong mentimun menjadi beberapa bagian. Kemudian Anda dinginkan di kulkas selama 10 menit. Setelah dingin Anda tempelkan di bagian mata dan diamkan selama beberapa menit. Segera ganti mentimun jika sudah tidak dingin. Selain mengurangi mata yang bengkak, mentimun juga berguna untuk mencerahkan wajah.

Stroberi

Bahan alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah buah stroberi. Stroberi terbukti mampu menjaga kelembaban kulit secara alami serta dapat membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Stroberi juga mengandung AHA yang sangat baik untuk obat mata bengkak. Cara menggunakannya adalah dengan mendinginkan stroberi di lemari es kemudian setelah dingin Anda potong dan letakkan di bagian mata yang bengkak. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin agar lebih efektif.

Kentang

Manfaat kentang untuk mengobati mata bengkak sama seperti mentimun. Kentang juga mengandung enzim yang dapat membantu mengatasi mata bengkak. Caranya adalah dengan mencuci kentang hingga bersih kemudian Anda kupas. Parut kentang dan masukan ke dalam satu kantung kain bersih. Kompres mata dengan kantung kentang tersebut beberapa kali dalam sehari agar hasilnya efektif.

Air Garam

Mengobati mata bengkak juga dapat Anda lakukan dengan air garam. Air garam dapat menjadi alternatif jika Anda tidak mau menggunakan bahan-bahan di atas. Garam yang selalu ada di dapur ini Anda larutkan ke dalam satu sendok air hangat. Takaran garam juga tidak perlu terlalu banyak, cukup satu sendik teh saja. Setelah garam larut, ambil kapas untuk menyerap air dan letakkan di bagian mata yang bengkak selama beberapa menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam waktu 30 menit.

Minum Air Putih

Dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kulit tidak akan kekurangan air yang menyebabkan bagian sekitar mata menjadi bengkak. Semakin banyak minum air putih juga diimbangi dengan mengurangi kadar garam pada makanan yang Anda konsumsi.

baca juga : cara menjaga mata agar tetap sehat dan bersih 

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat mata bengkak.