Obat Sakit Mata Belekan dari Bahan Alami dan Faktor Penyebabnya

Obat sakit mata belekan dari bahan alami sebenarnya cukup banyak karena bahan yang digunakan ada disekitar kita. Namun hal ini kurang disadari banyak orang. Mereka lebih memilih menggunakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan mata belekan. Alasannya adalah obat kimia yang di jual di apotek lebih praktis dan cepat reaksinya. Padahal, untuk mengatasi sakit mata belekan dapat menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami terbukti efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan pada mata secara cepat. Selain itu, obat alami juga mudah dibuat dan tidak menimbulkan efek samping.

baca juga : cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan mudah

Sakit mata belekan merupakan sakit mata yang biasanya diikuti oleh mata merah, gatal, serta mata menjadi lengket. Belekan merupakan suatu kondisi dimana mata mengeluarkan lendir atau mukus yang berlebihan yang diakibatkan adanya infeksi atau radang pada mata. Umumnya belekan terjadi karena lendir yang sifatnya kental serta sering keluar di malam hari. Sehingga membuat penderita susah untuk membuka mata pada pagi harinya. Karena cukup mengganggu membuat orang banyak yang mencari tahu mengenai obat sakit mata belekan.

Hampir semua orang pernah mengalami sakit mata, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Belekan dapat disebabkan karena infeksi di bagian selaput yang melapisi mata, alergi debu atau asap, dan pemakaian lensa kontak dalam waktu yang lama.

Obat Sakit Mata Belekan Secara Alami

obat alami belekan

Belekan memang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Hal ini karena mata akan terasa perih dan nyeri ketika melihat. Bahkan beberapa orang sampai menggunakan kacamata agar sakit mata yang Anda derita tidak menular ke orang lain. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sakit mata.

Daun Sirih

Obat alami pertama yang dapat Anda gunakan adalah daun sirih. Langkah pertama adalah cuci daun sirih hingga bersih kemudian rebus hingga mendidih dan tambahkan sedikit garam. Angkat daun sirih dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, peras daun sirih menggunakan kain bersih. Perasan daun sirih ini yang dapat Anda manfaatkan untuk mengobati mata belekan.

Cara menggunakannya juga mudah. Cuci wajah terlebih dahulu, termasuk bagian mata hingga bersih. Setelah itu usapkan air perasan daun sirih tersebut di sekitar mata yang belekan. Anda dapat melakukan cara tersebut tiga kali dalam sehari.

Bawang Putih

Obat sakit mata belekan selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Anda dapat menggunakan obat ini sebelum Anda tidur dan hindari bawang bombay. Jika Anda rutin melakukannya maka sakit mata Anda akan sembuh dengan cepat. Untuk membuatnya, Anda cukup menyediakan satu siung bawang putih.

Bersihkan bagian mata terlebih dahulu, usahakan kotoran yang ada di dalam mata dan wajah hilang dan bersih. Selanjutnya adalah ambil satu siung bawang putih dan cuci hingga bersih. Potong bagian ujung bawang lalu oleskan potongan tersebut pada kelopak mata bawah. Pastikan Anda tidak mengoleskannya pada kelopak mata atas. Efek yang terjadi biasanya sedikit perih dan gatal. Namun Anda jangan menggaruknya agar hasilnya maksimal.

Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sakit mata belekan. Anda cukup menyediakan madu murni secukupnya. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah cuci mata menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Selanjutnya adalah usapkan pada kelopak mata madu murni yang sudah Anda siapkan. Anda dapat melakukan cara ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kompres Mata

Jika Anda memang belum sempat untuk membuat obat sakit mata belekan, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres mata. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi sakit mata. Untuk mengompres mata, Anda dapat menggunakan air hangat dan kain yang bersih. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi bengkak pada area sekitar mata dan menghilangkan belek yang beku. Perlu Anda ingat bahwa cara ini tidak dapat membunuh kuman penyebab belekan, hanya dapat menghilangkan gejalanya saja.

Jangan Menggaruk Mata

Menyentuh serta menggaruk mata yang belekan adalah hal yang tidak disarankan. Ini karena salah satu penyebab mata belekan adalah karena terjadi infeksi pada mata Anda. Jika Anda menyentuhnya maka sangat mungkin kuman akan berpindah ke mata lainnya. Bahkan menggaruk mata dapat memperparah proses infeksi. Jika ingin membersihkan maka gunakan kain yang dicelupkan ke air hangat. Tempelkan pada mata lalu gosok dengan lembut.

baca juga : obat mata bengkak secara alami dan mudah

Itulah beberapa obat sakit mata belekan menggunakan bahan alami yang perlu Anda ketahui. Selain itu, Anda harus menghindari obat tetes mata terlalu sering.