Obat Sariawan yang Manjur dari Bahan Alami

Obat sariawan yang manjur dapat Anda temukan dari bahan-bahan alami. Meski saat ini sudah banyak beredar obat-obatan kimia yang cenderung lebih praktis serta mudah digunakan, tetapi mengobati sariawan secara tradisional dan alami tentu akan lebih baik karena tidak menimbulkan efek samping.

Sariawan merupakan penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Secara medis sariawan dikenal dengan Stomatitis Aftosa, yaitu kelainan yang terjadi pada bagian selaput lendir mulut dan berwarna putih kekuningan. Sariawan seringkali membuat orang tidak nyaman ketika makan dan minum. Bahkan sariawan juga dapat menyebabkan seseorang sulit berbicara.

baca juga : obat panas dalam dan sariawan

Umumnya sariawan terjadi pada bagian mulut, bibir, lidah, dan dinding mulut. Untuk itu, jika Anda mengalami sariawan harus segera diatasi dengan obat sariawan yang manjur agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Penyebab dari sariawan sangat beragam, dan hingga saat ini banyak orang yang belum mengetahui penyebab dari penyakit yang satu ini.

Penyebab Sariawan Tak Kunjung Sembuh

Genetik – Penelitian menunjukan jika hampir 40% orang yang terkena sariawan memiliki riwataya terkena sariawan berulang. Hal ini menunjukan bahwa kemungkinan besar penyebab sariawan karena kerentanan beberapa orang tertentu.

Luka di Rongga Mulut – Luka pada bagian mulut memang sangat berpengaruh menimbulkan sariawan. Luka tersebut dapat terjadi akibat tergigit, cara menyikat gigi yang salah, dan sebagainya. Bisanya sariawan akibat luka dapat berlangsung sekitar 10-14 hari.

Kekurangan Zat Besi dan Vitamin B12 – Dua zat nutrisi tersebut adalah komponen penting yang dibutuhkan tubuh dalam membentuk sel darah merah. Menurut penelitian, kekurangan darah akan berpengaruh dengan munculnya penyakit sariawan.

Daya Tahan Tubuh Menurun – Ini terjadi karena munculnya kuman mikroorganisme ke dalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi. Penyebab ini dapat diatasi dengan obat sariawan yang manjur dari bahan alami, seperti makan makanan yang mengandung banyak nutrisi.buah menghilangkan sariawan

Alergi – Penyebab sariawan lainnya adalah karena alergi terhadap suatu makanan yang dikonsumsi. Proses alergi ini menimbulkan terjadinya radang pada mukosa di bagian mulut sehingga menyebabkan luka dan muncul sariawan. Makanan yang sering menimbulkan terjadinya alergi adalah kacang-kacangan, cokelat , kopi, keju, dan sebagainya.

Selain itu, sariawan juga dapat terjadi karena keadaan suhu disekitar Anda atau Anda sering mengonsumsi makanan yang panas dan pedas seperti keripik pedas, gorengan, sambal, dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih detail penyebab sariawan yang Anda alami maka Anda dapat mengingat kembali hal apa yang sudah Anda lakukan di hari-hari sebelumnya. Setelah mengetahui penyebab dari sariawan maka Anda harus segera megobatinya.

Inilah Obat Sariawan yang Manjur

Cara-cara alami dipercaya lebih ampuh untuk mengobati sariawan. Selain itu, cara alami juga dapat meminimalisir efek samping. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati sariawan secara alami.

Air Kelapa

Sariawan sering terjadi akibat panas dalam. Untuk itu Anda dapat meminum air kelapa karena bersifat mendinginkan ketika terjadi panas dalam dan dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain itu, air kelapa juga dapat mengatasi dehidrasi.

Pisang dan Madu

Obat sariawan dari bahan alami ini dapat Anda buat menggunakan pisang dan madu. Kedua bahan tersebut dapat Anda campur menjadi ramuan tradisional yang cukup mudah. Caranya adalah dengan menghaluskan buah pisang dengan menggunakan blender kemudian beri madu secukupnya. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang terkena sariawan secara rutin. Kedua bahan tersebut mampu mencegah peradangan akibat sariawan di mulut.

Daun Jambu Biji

Obat sariawan yang manjur ini memang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Caranya adalah dengan mengunyah daun jambu biji yang sudah dibersihkan kemudian berkumur dengan air hangat. Cara ini dipercaya mampu meredakan peradangan yang terjadi pada permukaan sariawan.

Yoghurt

Selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan adalah yoghurt. Hasil dari olahan susu ini memang menjadi obat sariawan yang ampuh dan tidak memiliki efek samping. Yoghurt dapat membuat bakteri di dalam mulut dan pada tubuh menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, yoghurt dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan pada mulut.

Jeruk

Dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Ini karena jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain jeruk Anda juga dapat mengonsumsi tomat, semangka, dan buah yang mengandung vitamin C lainnya. Agar lebih cepat sembuh Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C secara rutin selama proses penyembuhan.

baca juga : cara mengobati sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh

Itulah beberapa obat sariawan yang manjur dan cara penyembuhan yang mudah tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Namun perlu Anda ketahui jika cara di atas bukanlah cara instan. Jadi Anda harus rutin melakukannya agar hasilnya lebih maksimal.